After a Year Hiatus

1:11:00 AM

Iya. After years of hiatus. As I’ve been blogging since 2008. 8 tahun lalu, jo!. Waktu itu masih kelas 3 SMA. Dan motivasi pribadi untuk mulai blogging itu tuh lebih ke “pelarian” aja. Hah? Pelarian? Ho oh. Pelarian dari rutinitas SMA yang menurut saya tuh yaudah gitu-gitu aja. Cuma mungkin emang dasarnya introvert ya udah introvert aja kayanya, ya. Jadi emang kurang begitu mengapresiasi diri sendiri kalo lagi ditengah keramaian gitu, loh. Disaat temen-temen yang lain kalo hari Sabtu sama Minggu biasanya main kemana gitu, saya mah mendingan di kamar aja browsing, ato kalo nggak nontonin The Amazing Race.

Lalu kembali lagi, selain sebagai pelarian, waktu itu saya blogging sebagai sarana ekspresi diri juga; karena saya emang udah suka sama fashion dari SMA pun. Jadi yaudah deh, waktu itu tuh itungannya saya sempet jadi fashion blogger kira-kira dari 2010 sampai 2014. Nah dari 2008 ke 2010 itu nggak saya itung karena emang tema blog saya tuh jauh lebih ke personal diary aja. Baru kaya 2010 gitu saya mulai menetapkan nih untuk bikin blog saya jadi blog fashion. Konten nya pun saya isi dari personal style saya, review review brand, model dan editorial dari luar dan dalam negeri, sampe fan artworks gitu. Kan saya dulu kuliahnya ambil DKV, ya. Jadi yaudah deh tuh iseng iseng sering bikin artwork gitu, deh.


Nah seiring berjalannya waktu pun, readers blog saya yang dulu tuh jadi growing juga. Lalu akhirnya beberapa email masuk ke kotak masuk saya dari beberapa instansi untuk nawarin partnership dan endorsement kecil-kecilan. Terus yang paling seru jadi fashion blogger tuh, saya bisa dapet akses ato dapet undangan dari desainer untuk menghadiri fashion show mereka. Lumayan bisa dibilang sering dulu muter-muter Jakarta Fashion Week sampe Indonesia Fashion Week dari tahun pertama. Nah yang paling memorable itu tuh pas saya dapet kesempatan buat jadi official blogger nya Indonesia Fashion Week taun 2013 sampe 2015. Cuma sayang aja, abis itu manajemen Indonesia Fashion Week lagi ada sesuatu yang perlu diberesin, untuk tahun ini blogger pun nggak ada yang dapet all access unless dapet ticket show. But that’s okay, though.

Tapi ya, pasti ada masa-masa down nya juga kan, ya? OK, karena ini personal blog, jadi boleh dong ya ber opini? Iya, jadi gitu. Kalo jadi fashion blogger tuh kan ada aturan tidak tertulis untuk selalu terlihat fashionable secara visual, kan? Jadi harus sering-sering beli baju gitu kasarnya. Nah dulu kan saya statusnya masih kuliahan, ya. Masih irit irit ngeluarin isi dompet, mau minta sama orang tua juga nggak enak, secara kuliah saya tuh butuh ina inu nya banyak. Paling nabung buat beli Danjyo Hiyoji 1-2 pcs, ato nunggu XSML diskon 50%. Udah begitu aja. Terus ya kan fashion blogger bukan saya doang, ya.

Dan blogger blogger yang lain tuh kaya ada aja loh yang make Alexander Wang ato Yohji Yamamoto. Secara singkat, saya sempet jiper. Dan sebenernya lebih ke mencoba menerima kenyataan that I couldn’t afford them. And most importantly, I am not being myself kalo akhirnya saya blogging untuk pleasing people’s eyes aja gitu. Jadi nya jauh dari motivasi awal saya blogging sebagai sarana ekspresi diri. Nah cara saya mengekspresikan diri tuh gimana, sih? Ya pake baju baju thrifted di Pasar Baru terus saya modif sana sini aja. Dan sejujurnya, saya nggak gitu peduli kalo harus duduk di front row kalo fashion show. Lebih enak gabung sama media biar dapet foto lebih bagus sekalian gitu, loh. Jadi kalo prinsip saya, kalo mau front row, front row sekalian. Duduk bareng temen-temen media :D

Lalu sampai akhirnya 2013 saya lulus kuliah. Dan syukur kepada Tuhan sebelum wisuda udah dipanggil untuk kerja. Ya makin tersita deh waktunya kalo mau ngikutin status waktu itu sebagai “fashion blogger”. Kaya mau OOTD an di depan kantor pun rasa rasanya udah nggak ada waktu. Mending waktunya dipake buat istirahat makan siang ngobrol ngobrol gitu, kan. Nah yaudah deh, dalam jangka waktu 2013 sampe 2015 itu tetep blogging tapi udah nggak yang serius blogging lagi. Kasarnya kaya udah makin nggak tau mau diapain lagi sih ini blog? Februari 2015 pun jadi bulan terakhir saya nge blog di blog lama.


Sampai di awal 2016 kemaren akhirnya memutuskan untuk memulai kembali. Kembali jadi diri sendiri. Itu yang paling penting. Karena saya tuh percaya kalo kita nulis ikhlas sebagai diri sendiri tuh jadinya lebih adem aja gitu rasanya karena nggak ada tuntutan sana sini. Terus, yang konten yang mau diisi disini apa aja? Masih sama, sih. Masih ada fashion nya pun. Tapi sekarang pengen lebih diluasin topik nya juga. Reviews, thoughts, travel journal and artworks juga bakal ada disini. So yeah, mari memulai kembali. Mari kembali menjadi diri sendiri!

You Might Also Like

0 comments